Hubungan Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara


Devania Annesya

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang masuk dalam ASEAN. Indonesia dikenal oleh Negara-negara lain sebagai negara sedang berkembang yang mempunyai andil dalam pembentukan ASEAN. Seiring dengan tujuan dari geopolitik, yaitu hegemoni. Indonesia sebagai negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN tentunya akan berusaha mempertahankan hegemoni yang telah dibangun di Asia Tenggara. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang ada di Indonesia, meskipun tidak sebaik dengan perkembangan teknologi dan informasi yang dimiliki oleh Singapura, setidaknya Indonesia masih memiliki pengaruh yang kuat di Asia Tenggara. Ditambah dengan kekuatan yang bersumber dari sektor demografi yang dimiliki Indonesia dan strategisnya posisi Indonesia dalam sektor ekonomi akan membuat posisi tawar menawar Indonesia semakin meningkat. Dan pada akhirnya Indonesia mampu merangkul semua negara ASEAN untuk melakukan kerjasama yang akan memberikan penilaian tersendiri dari negara-negara di Asia Tengara dalam mengukur kekuatan yang dimiliki Indonesia.

 

all contents have been moved here

Analisis

Pada dasarnya, hubungan Indonesia dengan negara-negara ASEAN amat ditentukan oleh kondisi Indonesia sendiri, yaitu tentang bagaimana kondisi perekonomian, budaya, dan kemanan Indonesia, di mana kondisi-kondisi tersebutlah yang menentukan bagaimana sikap Indonesia terhadap Negara-negara ASEAN, apakah saling melakukan kerja sama, atau bahkan konfrontasi, dan sebagainya.  Hanya Indonesia yang kuat yang dapat memaksakan bangsa-bangsa lain untuk peduli dan menghormati legalitas dalam hubungannya dengan Indonesia sehingga terwujud hubungan yang harmonis. Selama Indonesia kacau, lemah, kurang mampu baik moral dan material, dan rakyatnya kurang pendidikan, miskin dan mudah diperdaya serta disuap dalam segala bidang, bangsa-bangsa itu memandang hubungannya dengan Indonesia terutama dari sudut bagaimana memperoleh keuntungan maksimal dari kelemahan Indonesia itu.

Namun, terlepas dari semua itu, Indonesia pada dasarnya berusaha menjalin hubungan baik dengan Negara-negara tersebut dengan menciptakan kerja sama, saling mendukung, menghormati, dan menghargai, serta saling memelihara perdamaian. Indonesia, seperti halnya negara-negara lain, tidak akan bisa memenuhi kebutuhan atau kepentingan negaranya tanpa bantuan dari negara lain, baik dalam segi ekonomi, keamanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, Indonesia pun berusaha bagaimana agar kepentingan negaranya tersebut dapat terpenuhi dengan mengadakan hubungan yang baik dengan Negara-negara ASEAN

Sumber

  • http://www.chinhphu.vn
  • The Jakarta Post.2003. RI and Singapore’s Trade. 12 Juni
  • Yew, Lee Kuan. 2000. From Third World to First, The Sigapore Story: 1965-2000. Singapore: Singapore Press Holding
  • Kompas.1997.Kamboja Sekali Lagi. 2 Agustus
  • Leo Suryadinata. Politik Luar Negeri Indonesia di Bawah Soeharto. Jakarta: LP3E

 

About these ads

About Devania Annesya

Devania Annesya, born in 1989 email us at devania.annesya@gmail.com

7 thoughts on “Hubungan Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara

    • kami akan sangat terbantu kalau Verly mau kasihtahu bagian mana yg harus dilengkapi.
      Btw silahkan buka essai kami yang berjudul “Politik Luar negeri Republik Indonesia Review UAS” subtopik pekan delapan dan “hubungan Indonesia dan negara-negara ASEAN”, kalau Anda jeli disana membahas hal yang sama dan saling melengkapi satu sama lainnya.
      silakan search

  1. karena kami mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, sehingga yang diutamakan adalah politik luar negeri dan Indonesia terhadap peristiwa fenomenal antara kedua negara,Misalnya sikap Indonesia terhadap perselisihan batas teritorial di Kamboja dan Thailand. Oleh karena itu, sebisa mungkin penulisan kami mesti proporsional antara komposisi sejarah antara dua negara supaya kami bisa memberikan pendekatan yang lebih mudah dipahami, dan secara keseluruhan mesti seimbang antara aspek hubungan negatif dan positifnya, agar tidak jatuh pada subjektivitas salah satu sisi.

    Jika Tria mempunyai ide berkaitan dengan kekurangan tulisan kami, mari didiskusikan di sini atau di forum diskusi Facebook kami di International Relations Forum. Terima kasih banyak telah meninggalkan komen n.n

    bacaan tambahan dari tulisan di atas
    bisa klik

    di sini (Hubungan Indonesia dan negara Asia Tenggara, dan Review UAS Politik Dalam Negeri Indonesia)

    • tulisan ini tidak lengkap karena referens yang diberikan juga outdated, komplain ini akan kami teruskan pada dosen dan asisten dosen kami di Mata kuliah Politik Luar Negeri kalo gitu. hohohohoooho terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s